Musim Mudik Berakhir Waktunya Cek Kondisi Mobil Biar Kembali Prima

Musim mudik lebaran sudah berakhir. Kini semua sudah kembali keaktifitas seperti sediakala. Tentu ada kesan tersendiri ketika berhari raya bersama keluarga di kampung, dan bukan hanya itu, kesan yang tersimpan setelah perjalanan jauh bukan hanya akan membekas untuk diri kita, tetapi juga mobil kesayangan.

Beberapa mobil dipakai pemiliknya untuk mudik, biasa menempuh jarak cukup jauh. Dari pantauan dilapangan ketika mudik lebaran kemarin. Ada beberapa mobil yang bahkan berasal dari luar pulau. Kalau sudah seperti itu sudah pasti ada kondisi-kondisi yang mengharuskan kendaraan untuk kembali masuk ke bengkel.

Beberapa mungkin sudah mempersiapkan kendaraan sebelum mudik. Ada yang sudah ganti oli bahkan atau menambah beberapa aksesoris demi kenyamanan penumpang menempun perjalanan panjang. Tapi ada baiknya, sebelum dipakai kembali menemani aktifitas siapkan mobil di akhir pekan agar kondisinya kembali prima.

Ilustrasi dok. bengkelparthonda.blogspot.com

Menurut sebuah laman otomotif ternama, berikut ini adalah daftar yang perlu dicek untuk mobil pasca perjalanan panjang.

Volume Cairan

Ini termasuk dalam daftar paling mudah dan gampang untuk dilakukan. Pengguna bisa langsung melakukan pengecekan secara mandiri. Cairan ini termasuk volume oli, air pendingin radiator, coolant ac, air aki, minyak rem, serta minyak power steering  dan kelengkapan lainnya.

Kaki-Kaki

Sudah pasti menapak perjalanan jauh, tidak ada mobil yang bebas dari goncangan. Karena itu, perlu memeriksakan bagian kaki-kaki, cek apakah bagian power steering masih bekerja dengan sempurna, pastikan seluruh peredam kejut masih baik, serta pastinya, apakah tekanan angin dalam kondisi tepat.

Elektro dan Kelistrikan

Terkadang, sebelum pergi mudik, orang memasang seperangkat audio set pendukung. Kondisi ini tentu memberikan perubahan pada bagian kelistrikan mobil. Ada baiknya cek kelistrikan mobil setelah dipakai mudik. Jangan sampai menyebabkan sesuatu yang fatal. Beberapa mobil dengan sistem kendali sentral juga perlu masuk bengkel pasca mudik. Ini perlu agar kondisi kendali secara elektronis masih dalam keadaan prima.

Transmisi

Beberapa mobil dengan transmisi otomatis harus segera bertemu mekanik pasca perjalanan jauh. Pasalnya bagian paling rentan eror selama berkendara adalah transmisi. Bisa jadi, orang lupa merubah posisi transmis dari posisi D, ke N atau P saat berhenti. Bila ini sering terjadi selama mudik, ada baiknya segera cek kondisi transmisi mobil kesayangan. Hal yang sama berlaku juga untuk mobil dengan transmisi manual.

Setelah selesai mendapatkan sentuhan tangan mekanik dan dipastikan tidak ada kerusakan fatal. Selanjutnya mobil siap untuk dipakai kembali beraktifitas pasca lebaran tahun ini. Dengan cek setelah perjalanan jauh, maka ketenangan dan rasa was-was selama berkegiatan kerja, akan jauh dari kenyataan. Semoga tips kali ini memberikan mafaat. Salam.

1 Response to "Musim Mudik Berakhir Waktunya Cek Kondisi Mobil Biar Kembali Prima"

  1. artikel tulisan manfaat terimakasih gan

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel