Ada Masalah Pada Ban Dan Rem Mobil Anda ? Ini Hal Yang Perlu Diperhatikan
Ada dua komponen vital pada sebuah kendaraan. Tanpanya,
mobil atau motor dijamin tak bisa jalan. Itulah ban dan rem. Ban menjadi lini
terakhir sebuah sistem pergerakan. Yakni penyaluran tenaga yang dimulai dari
mesin, transmisi, kemudian ke as roda, diterjemahkan menjadi pergerakan oleh
ban. Rem, tentunya semua faham, untuk menghentikan semua itu.
Di bawah ini Anda bisa melihat beberapa masalah yang mudah
untuk diatasi pada ban dan rem. Problem yang sepertinya sepele, tapi kalau
dibiarkan, maka nyawa pengemudi dan penumpang jadi taruhan. Untuk mengatasinya,
Anda hanya perlu sedikit telaten dan ‘perasa’ sebelum, saat dan sesudah
mengendarai mobil. Inilah beberapa hal yang kami maksud.
Tekanan ban kurang
atau berlebihan
Masalah klasik. Selalu periksa tekanan angin ban secara
rutin. Minimal satu minggu sekali. Semakin sering tentunya akan semakin bagus,
apalagi kalau mobil dipergunakan sebagai sarana transportasi sehari-hari.
Ban yang kebanyakan angin akan membuat tapak ban tidak
mencengkeram sempurna. Kontak yang seharusnya optimal akan berkurang drastis
dan mengakibatkan traksi ke permukaan jalan berkurang. Betul ban yang diisi
angin lebih akan membuat hambatan gulir berkurang dan konsumsi BBM bisa
ditekan. Namun konsekuensinya, traksi yang berkurang akan membuat mobil sulit
dikendalikan.
Sebaliknya, ban yang kurang angin juga memiliki konsekuensi
sendiri. Pertama, mobil akan lebih boros BBM karena tapak ban yang mencengkram
permukaan jalan menjadi lebih luas. Kedua, struktur ban bisa terancam rusak
karena beban yang ditanggungnya berlebihan, apalagi saat mobil diisi beban
penuh dan melaju kencang. Kedua masalah ini berujung pada soal keselamatan.
Karena itu, cek selalu tekanan angin ban.
Kembang Ban Menipis
Kembangan ban atau biasa juga disebut tread, adalah pola
pada telapak ban yang memungkinkan karet bundar ini mencengkeram permukaan
jalan. Pola biasanya didesain sedemikian rupa, sesuai peruntukannya. Saat
kembangan ini mulai menipis, itulah yang biasa disebut ban mulai botak.
Karena itu, penting untuk memperhatikan keausan tread ini
dengan seksama. Ban yang botak tidak bisa mencengkeram jalan dengan optimal,
dan berpotensi menimbulkan kecelakaan.
Bagaimana mengukurnya? Pabrikan ban biasanya membekali
produknya dengan indikator segitiga yang bisa Anda lihat di bagian sisi kembangan
ban. Bila segitiga (atau disebut juga TWI, Tread Wear Indicator) sudah mulai
mulai sejajar dengan permukaan ban, pertanda sudah harus diganti. Jika sudah
hilang, Anda jangan main-main lagi, segera ganti.
Rem Berdecit
Ingat, rem yang berdecit, bukan ban yang mengunci karena
direm. Selain bunyi itu adalah indikasi bahwa rem Anda sedang bekerja, juga
menjadi pertanda waktunya memeriksa piringan dan kanvas (sepatu) rem.
Rem berdecit bisa jadi karena ada kotoran yang menempel,
atau biasanya kanvas rem perlu diganti. Kami sarankan untuk segera membawa
mobil ke bengkel terdekat untuk pengecekan.
Pedal Rem Bergetar
Rem bergetar bisa memiliki dua arti. Jika mobil Anda
memiliki sistem ABS, maka saat pengereman yang cukup kuat, Anda akan merasakan
pedal rem seolah berdenyut. Namun kalau direm sedikit sudah terasa getarannya,
sebaiknya periksa piringan rem.
Piringan rem bisa aus seiring dengan penggunaan, atau
mengalami overheat karena pengereman berat terus menerus (saat jalan sedang
menurun, misalnya). Piringan rem yang tidak rata, mengakibatkan sepatu rem
tidak mendapatkan cengkeraman yang sempurna, hasilnya adalah getaran yang
timbul di pedal.
Pedal Rem Terasa
Dalam
Sulit menentukan mana yang paling bahaya kalau membicarakan
masalah pada rem karena semuanya krusial. Jika Anda merasa pedal rem terasa
empuk dan dalam, bisa jadi ada kebocoran di sistem pengereman. Kalau Anda bisa
memperbaiki sendiri, segera perbaiki. Kalau tidak, panggil mobil derek untuk
membawa mobil ke bengkel.
Mobil Banting Stir
Saat Direm
Ini juga sangat berbahaya. Direm bukannya langsung berhenti,
tapi malah berbelok. Selain entah di mana akan berhenti, bisa membahayakan
untuk orang lain. Hal ini bisa terjadi karena penyaluran minyak rem yang tidak
sempurna. Entah karena tersumbat, atau ada udara yang masuk ke slang rem. Atau
bisa juga karena ada salah satu piston (yang mendorong kanvas rem) yang macet.
Sekali lagi, jika hal ini terjadi, langsung kontak bengkel.
0 Response to "Ada Masalah Pada Ban Dan Rem Mobil Anda ? Ini Hal Yang Perlu Diperhatikan"
Post a Comment