Metode Menghilangkan Goresan Pada Kendaraan Secara Natural

Metode Menghilangkan Goresan Pada Kendaraan – Sebagai pemilik kendaraan beroda empat pastinya Idotom pernah mengalami keadaan sulit yang menimpa pada kendaraan beroda empat. Salah satu keadaan sulit yang kerap kali kali diterima yakni terdapat goresan atau baret pada kendaraan beroda empat. Ya, untuk keadaan sulit yang satu ini memang tak terlalu berat. Tetapi tetep saja membikin penampilan kendaraan beroda empat kurang keren dan tak kinclong lagi. Cukup banyak dari mereka para pemilik kendaraan beroda empat yang bertanya-tanya sesungguhnya bagaimana cara menghilangkan goresan pada kendaraan beroda empat yang benar.



Untuk cara menghilangkan goresan pada kendaraan beroda empat ini tak boleh dilaksanakan dengan sembarangan. Sebab bisa jadi cara yang Idotom lakukan salah dan bukan bahkan membikin goresan atau baret menghilang, melainkan menyebabkan keadaan sulit lain yang kian memperparah penampilan kendaraan beroda empat, seperti goresan bertambah, kilauan kendaraan beroda empat menghilang dan juga kendaraan beroda empat terlihat kusam. Untuk itu, penting sekali Anda membaca sampai tuntas Artikel dari Redaksi IdOtomotif.com berikut ini yang akan membahas mengenai cara menghilangkan lecet pada kendaraan beroda empat yang mudah.

Metode Menghilangkan Goresan Pada Kendaraan dengan Kompon

Sebelum mulai menjalankan cara menghilangkan baret pada kendaraan beroda empat, ada sebagian alat dan bahan untuk pemolesan yang sepatutnya Idotom siapkan. Beberapa bahan untuk menghilangkan goresan pada kendaraan beroda empat tersebut antara lain : 
  • Pengilap (Buffer)
  • Bantalan Pengilap (Buffer pad)
  • Sabun
  • Kertas ampelas 1500 dan 2000
  • Bantalan apelas (Sanding pad)
  • Kompon poles
  • Kain lap
  • Air
  • Botol semprot
  • Lilin kendaraan beroda empat

Setelah sebagian bahan dan alat diatas telah dipersiapkan, langkah selanjutnya yakni lantas memakai langkah-langkah penghilangan goresan yang ada pada kendaraan beroda empat Idotom. Berikut cara menghilangkan goresan pada kendaraan beroda empat yang perlu Idotom terapkan :

1. Memeriksa goresan pada kendaraan beroda empat

Langkah pertama untuk menghilangkan goresan pada kendaraan beroda empat ini yakni dengan memeriksa terlebih dahulu goresan yang ada tersebut. Pastikan terlebih dahulu ini yakni benar-benar goresan, bukannya sesuatu yang menimbun diatas cat kendaraan beroda empat. Kadang kalanya memang saat kendaraan beroda empat mengalami tabrakan atau yang lainnya, akan memunculkan bekas yang mana itu yakni bahan dari benda lain yang lebih lembut yang akibatnya menempel pada kendaraan beroda empat.

Jika memang benar-benar goresan, langkah selanjutnya yakni memeriksa kedalaman goresan. Lazimnya kendaraan beroda empat mempunyai 4 lapisan yakni lapisan bening, warna, primer dan baja. Untuk goresan dengan kedalaman hanya sampai lapisan bening atau warna, ini masih bisa dikoreksi dengan mudah. Tetapi, jikalau telah menempuh lapisan baja, karenanya hal tersebut sangat susah untuk dihilangkan.

Untuk mengawali cara menghilangkan goresan pada kendaraan beroda empat dengan kompon ini, pastikan semua goresan pada kendaraan beroda empat telah ditemukan. Seluruh bagian kendaraan beroda empat yang tersedia goresan, supaya nantinya bisa dihilangkan secara bersama-sama.

2. Mempersiapkan area goresan untuk lantas dituntaskan

Langkah selanjutnya dalam cara menghilangkan goresan pada kendaraan beroda empat ini yakni mempersiapkan area goresannya. Cuci semua bagian kendaraan beroda empat terlebih dahulu supaya kotoran yang menempel bisa hilang. Ini bertujuan untuk menghindari bertambahnya goresan saat menjalankan pemolesan nantinya. Semprot saja memakai air, lalu lap memakai kain yang lembut.

Berikutnya siapkan ampelas dan bantalan ampelas, lalu mulailah pengampelasan pada area yang terdapat goresan. Lakukan secara dan hati-hati dan dengan lembut. Ini dilaksanakan dengan tujuan mengampelas hanya pada lapisan bening saja.

Metode pengampelasan dilaksanakan meniru arah goresan sampai menempuh bagian bawah goresan. Kadang-kadang disiram dengan air untuk supaya lebih mudah menetapkan pengampelasan telah menempuh bagian bawah goresan yang ada.
Berikutnya bilas dan keringka memakai kain lap yang bersaih dan lembut. Penggunaan ini nantinya bisa memperkecil resiko bertambahnya goresan dampak kotoran yang ada.

3. Menjalankan perbaikian atau pemolesan pada permukaan cat

Inilah langkah yang paling krusial dalam hal cara menghilangkan goresan pada kendaraan beroda empat dengan mudah. Pertama oleskan saja kompon poles pada goresan yang ada pada permukaan cat kendaraan beroda empat. Jangan dahulu menghidupkan pengilap atau buffer. Sebarkan kompon poles pada bagian disekitar goresan yang terkena ampelas sebelumnya memakai bantalan pengilap.

Setelah tersebar, baru lakukan pemolesan dengan menghidupkan pengilap atau buffer dan memoles dibagian yang terkena goresan dan area sekitarnya supaya bisa lebih rata. Setting pengilap atau buffer pada kecepatan paling rendah dahulu, lalu kemudian tingkatkan kecepatannya seiring menjalankan pemolesan dengan rata.

Cuci kembali bagian yang telah dipoles tadi dengan cara menyemprotkan air bersih dan bersihkan menggunkan kain lap. Ini bertujuan untuk menghilangkan residu dari sisa kompom yang dipakai tadi.

Dan terakhir yakni memberikan lapisan lilin kendaraan beroda empat pada bagian kendaraan beroda empat yang dikoreksi tadi. Ini bermanfaat untuk menutup cat sehingga tak mudah tergores dan juga bisa untuk mengkilapkan kendaraan beroda empat. Usahakan Idotom memakai lilin carnauba yang berkulitas sangat bagus, supaya efeknya bisa lebih terlihat pada kendaraan beroda empat Idotom. Jika telah bersihkan kembali memakai air bersih dan lap memakai kain lembut.

Tetapi yang perlu diingat juga, jikalau goresan yang terdapat pada kendaraan beroda empat idotom terlalu dalam atau luas, sebaiknya Idotom membawanya ke bengkel saja. Ini sebab mereka lebih tahu bagaimana cara mengatasi goresan pada kendaraan beroda empat yang dalam dan luas ini.


Nah itu tadi kabar cara menghilangkan goresan pada kendaraan beroda empat yang bisa kami bagikan terhadap sahabat semua. Semoga beritanya bermanfaat.

0 Response to "Metode Menghilangkan Goresan Pada Kendaraan Secara Natural"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel