Scrambler, Model Modifikasi Motor Hitz 2018, Ini Dia Tipsnya Kalau Mau Coba
Demam kustom untuk
motor-motor di Indonesia tampaknya sedang menjangkit para bikerz di Republik
ini. Berbagai macam jenis motor dirubah di berbagai sisi, dibentuk disana sini
agar sesuai dengan keinginan.
dok. ripets.blogspot.com |
Beberapa konsep
modifikasi motor yang sempat hits sepanjang tahun lalu antara lain, scrambler,
cafe racer, tracker dan beberapa lainnya. Untuk tiap-tiap konsep moter
modifikasi dikenal karakteristik tersendiri sehingga motor tersebut layak
disebut dengan modifikasi sesuai konsep tersebut.
Sebagai contoh,
untuk modifikasi bergaya cafe racer. Bagian buntut sepeda motor yang berbentu a
la ekor tawon menjadi ciri khas utamanya. Selain itu, cafe racer sendiri
sebenarnya bukan sekedar konsep motor. Ini adalah sebuah culture balap yang
dimulai di Eropa sana.
Untuk motor dengan
tema modifikasi tracker, grid ban pacul, handle kemudi panjang menjadi ciri
khas utamanya. Tangki bensin yang dibentuk papak menjadi ciri lain menjadikan
konsep ini sangat tampak seperti motor retro bahkan bila diadaptasi untuk motor
keluaran terbaru sekalipun.
Selain dua konsep
tersebut, masih ada konsep lain, yaitu scrambler, adalah modifikasi yang
mengacu pada konsep-konsep motor keluaran 1960 an. Model scrambler sendiri
kurang lebih berkonsep sama seperti model tracker dengan ciri di bagian tapak
roda yang mempunya grid tebal, ban ini disebut juga dengan istilah knobbly, saking kentaranya grid pada
bagian tapak roda, ban ini disebut pula dengan nama “ban tahu”.
Scrambler sangat
hitz sebagai model modifikasi motor dengan pengerjaan ringan hingga ekstrim.
Beberapa bengkel modifikasi yang pernah mengerjakan pesanan modif dengan gaya
ini mengaku, bila scrambler tidak memerlukan ubahan sasis yang cukup esktrim.
Berbagai tipe motor ber cc besar pas bila dimodif dengan gaya ini, bisa
Kawasaki Ninja 250, atau Yamaha R25.
Konsep yang naked
dengan grid tapak ban yang sangat kentara, tentu bakal makin gahar bila dipadu
dengan adapatasi dapur pacu 2 silinder berukuran besar. Tenaga juga diperlukan,
sebab pada dasarnya model scrambler
ditujukan untuk melibas medan bertipe sedang hingga berat.
Bagian depan biasa
menggunakan model shock absorber bergaya upside down. Tabung peredam kejut
berfungsi ganda, selain untuk keindahan tampilan, sisi lain tentu memang untuk
kenyamanan saat motor benar-benar dipacu dimedan di luar jalan raya atau semi
offroad.
Untuk pabrikan
jenis peredam kejut di bagian belakang yang banyak dipakai para modifikator
guna menampilkan sebuah konsep scrambler sejati bisa shock absorber yang
diproduksi YSS maupun Ohins. Dua pabrikan ini memang dikenal sebagai pabrikan
peredam kejut berkualitas tinggi yang sangat pas untuk medan semi offroad
hingga offroad. Pabrikan seperti Ducati juga memproduksi motor built up dengan
gaya scarambler hingga saat ini.
0 Response to "Scrambler, Model Modifikasi Motor Hitz 2018, Ini Dia Tipsnya Kalau Mau Coba"
Post a Comment